Inilah Ciri-Ciri Kanker Prostat Dan Penyebabnya - BERITA ISLAM TERKINI
loading...

Sunday, March 4, 2018

Inilah Ciri-Ciri Kanker Prostat Dan Penyebabnya



Tahukah Anda, Apa itu kanker prostat? Adakah obat kanker yang secara efektif dapat menumpas sel kanker? Apa saja ciri-ciri kanker yang perlu Anda ketahui? Apa sebenarnya penyebab kanker? Adakah tindakan pencegahan kanker yang bisa Anda lakukan?
Bagaimana pemeriksaan kanker dilakukan? Bagaimana stadium kanker dapat ditentukan? Pengobatan kanker apa saja yang tersedia? Temukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut dalam artikel berikut ini!

KANKER PROSTAT

Sama seperti organ tubuh lainnya, prostat juga mengalami ancaman serangan pertumbuhan sel tidak normal atau kanker. Jika prostat mengalami serangan kanker, sel ganas ini akan merusak jaringan di sekitar kelenjar prostat, bahkan mengakibatkan kematian. Kanker seringkali menyerang pria yang berusia 50 tahun ke atas.
Jika kita melihat sejarah kanker yang ada di Indonesia terdapat peningkatan jumlah pasien kanker. Misalnya pada tahun 1976 sampai dengan 1985 terdapat 27 kasus kanker. Jumlah ini belum sebanyak sekarang, peningkatannya cukup signifikan hanya dalam 2 tahun (2000-2002) menjadi 43 kasus kanker.
Kanker tergolong berbahaya, mengingat gejala awalnya sering tak terasa dan terabaikan. Kemunculan kanker biasanya dikarenakan 2 faktor, yaitu genetika dan lingkungan. Ya, kedua faktor tersebut tampak serupa dengan jenis kanker lainnya. Kanker prostat tergolong kedalam jenis adenokarsinoma ataupun kanker glandula.

INVASI KANKER PROSTAT

Kelenjar prostat merupakan salah satu organ penting yang dimiliki pria. Kelenjar ini berada di bawah kandung kemih yang mengelilingi uretra. Kelenjar prostat berbentuk seperti jambu air terbalik, berukuran 15 hingga 20 ml pada orang dewasa. Kelenjar berukuran kecil ini memiliki fungsi yang berkaitan dengan cairan seminal dan fungsi seksual. Misalnya; proses pengeluaran sperma atau ejakulasi yang bekerja sama dengan testis.
Normalnya prostat akan mengeluarkan cairan seminal guna memperlancar perjalanan sperma. Tetapi, saat terjadi serangan sel kanker justru terjadi penyumbatan di berbagai tempat sekitar saluran pengeluaran tersebut. Ini hanyalah salah satu contoh keganasan serangan kanker yang bahkan dapat menyebabkan komplikasi.

 

OBAT KANKER PROSTAT ALAMI

Tindakan penyembuhan kanker juga dapat dilakukan dengan pengobatan kanker alternatif. Khususnya dengan mengonsumsi herbal, mengingat sifat alaminya relatif bebas dari efek samping yang dapat membahayakan Anda. Salah satu herbal kanker yang sedang diminati banyak orang dalam mengatasi kanker ialah Sarang Semut Papua.

SARANG SEMUT

Menurut Dr. M. Ahkam Subroto, Ahli Peneliti Utama LIPI menyatakan bahwa “Sarang Semut merupakan obat kanker prostat dan tumor yang sangat tepat, karena kandungan senyawa aktif penting berupa flavonoid, tanin, polifenol, dan beragam mineral lain yang berfungsi sebagai antioksidan maupun anti-kanker yang dibutuhkan tubuh.”
Senyawa aktif flavonoid memiliki fungsi sebagai anti peradangan, dimana efek farmakologinya mampu meredam pembengkakan prostat akibat serangan kanker. Selain flavonoid, Sarang Semut juga mengandung alfa-tokoferol yang berfungsi sebagai penangkal serangan radikal bebas. Hasil pengujian memperlihatkan bahwa ekstrak Sarang Semut memiliki tingkat kesanggupan meredam radikal bebas hampir 100%.
Sarang Semut juga mengandung mineral seng yang bermanfaat bagi kesehatan prostat. Seng membantu pasien kanker dalam memenuhi kebutuhan akan kadar seng yang menurun karena serangan kanker. Berlimpahnya kandungan bermanfaat Sarang Semut Papua menjadikannya sebagai salah satu obat kanker prostat alami.

CIRI-CIRI KANKER PROSTAT

Segera periksakan diri Anda, terutama jika ciri-ciri kanker prostat sudah terasa. Kanker pada stadium awal seringkali tidak menimbulkan gejala khusus. Namun, pada tahap berikutnya, bisa jadi Anda merasakan ciri-ciri kanker prostat berikut;
·         Buang air kecil semakin sering terjadi terutama di malam hari.
·         Kesulitan sewaktu menahan buang air kecil.
·         Pancaran urin yang dikeluarkan lemah dan seringkali hanya menetes saja.
·         Pada saat buang air kecil terasa panas.
·         Terdapat darah di dalam air seni ataupun air mani.
·         Gangguan pengeluaran sperma atau ejakulasi.
·         Nyeri di area sekitar panggul dan pangkal paha.
Dr. Rachmat B Santoso dari RS Dharmais, mengungkapkan bahwa 70% pasien kanker yang berkunjung ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan, seringkali berada pada tahap stadium lanjut. Fakta ini menunjukkan rendahnya kesadaran masyarakat akan pemeriksaan dini dari serangan kanker. Tak heran, jika kanker ini menduduki posisi ke-4 sebagai penyakit kanker yang paling sering dialami pria Indonesia.

KOMPLIKASI KANKER PROSTAT

Komplikasi kanker dapat terjadi sebagai akibat dari penyebaran sel kanker menuju organ disekitar serangan kanker, seperti kandung kemih bahkan tulang. Apabila serangan sel kanker sudah mencapai tulang, ini dapat mengakibatkan nyeri yang hebat hingga terjadinya patah tulang.
Bila beberapa organ disekitar telah terserang kanker, maka serangannya akan sangat sulit untuk diatasi. Sehingga sifat pengobatan yang diberikan bukan lagi untuk menyembuhkan, tetapi meringankan gejala rasa sakit yang dirasa pasien.
Beberapa tindakan pengobatan juga dapat mengakibatkan komplikasi, sehingga pasien sering kali ngompol (incontinence) atau mengalami disfungsi ereksi. Namun, hal demikian masih bisa ditangani melalui perawatan medis lain yang disesuaikan dengan kondisi Anda.

 

PENYEBAB KANKER PROSTAT

Hampir 80% pasien kanker berusia di atas 65 tahun. Meski demikian, risiko terjadinya kanker prostat dapat meningkat seiring dengan pertambahan usia. Risiko mengidap kanker dimulai sejak Anda berusia 40 tahun, terlebih jika keluarga Anda memiliki riwayat penyakit kanker. Namun masih ada faktor-faktor lain yang menjadi pemicu invasi kanker, misalnya;
·         Faktor Pola Makan
Beragam riset menunjukkan bahwa 90% kasus kanker yang terjadi, disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, terutama konsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi. Bahkan beberapa konsumsi suplemen berjangka panjang dicurigai dapat memicu kanker.
·         Faktor Gaya Hidup
Gaya hidup merokok dan minum alkohol secara berlebihan dalam jangka panjang juga turut memicu kanker. Sama halnya dengan kebiasaan tidak setia dengan berganti pasangan seksual. Hal demikian turut memperbesar risiko serangan kanker.
·         Faktor Lingkungan
Lingkungan pekerjaan juga dapat memicu kanker, terutama bagi mereka yang bekerja di bidang industri. Khususnya yang berkaitan erat dengan kontak langsung terhadap bahan-bahan.
Sekalipun beberapa faktor pemicu kanker telah diketahui, banyak peneliti yang masih melakukan riset terperinci mengenai penyebab kanker prostat. Faktor utama yang ditemukan oleh para ahli ialah keterkaitan sel kanker dengan mutasi DNA atau genetika. DNA berisi informasi pembentuk susunan tubuh pada setiap sel organ tubuh.
Perubahan DNA mengacaukan proses pembentukan susunan tubuh yang seharusnya terjadi dengan informasi yang salah, sehingga kerusakan sel sehat terjadi.

PENCEGAHAN KANKER PROSTAT

Tindakan pencegahan kanker prostat yang dapat Anda lakukan ialah menghindari penyebab yang dapat meningkatkan risiko serangan kanker. Beberapa penyebab bisa dicegah, namun ada juga yang diluar kendali Anda. Namun, jika Anda sudah terserang kanker tak ada tindakan yang bisa mencegah kanker tersebut.
Jika tindakan pencegahan sudah Anda coba untuk lakukan, maka pemeriksaan kanker perlu dilakukan untuk memastikan keberadaan kanker di dalam prostat Anda. Bagaimana ini dapat dilakukan?

PEMERIKSAAN KANKER PROSTAT

Mengingat betapa seriusnya kasus kanker ini menandakan perlunya melakukan pemeriksaan kanker prostat melalui metode USG Transrektal maupun pemeriksaan laboratorium darah PSA (Prostate Specific Antigen). Pemeriksaan medis membantu Anda mengenali dan menjaga prostat sebelum sel kanker menyerang dan menggerogoti habis seluruh organ. Juga membantu menentukan metode pengobatan kanker.

 

STADIUM KANKER PROSTAT

Melalui hasil pemeriksaan maka dokter dapat menentukan stadium kanker prostat mulai dari stadium 1 hingga stadium 4. Setiap stadium kanker membutuhkan jenis perawatan yang berbeda.

PENGOBATAN KANKER PROSTAT

Setelah Anda melakukan pemeriksaan kanker maka dokter dapat memberikan beragam pilihan tindakan medis yang disa dilakukan. Dokter juga akan menjelaskan apa saja manfaat yang dapat Anda rasakan dari tindakan medis tersebut.
Beserta dengan kemunkinan efek samping yang timbul, sampai Anda dapat menentukan sendiri jenis pengobatan kanker prostat yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Beberapa pilihan tindakan medis yang dapat ditempuh ialah pembedahan, radiasi, terapi hormon, kemoterapi dan vaksin. Tindakan medis yang diambil bisa jadi meliputi kombinasi dari beragam pengobatan tersebut.
Janganlah takut jika Anda mengidap kanker. Mengingat ada begitu banyak pilihan pengobatan kanker prostat yang tersedia, baik secara medis ataupun alternatif. Ketahuilah bahwa kanker masih bisa disembuhkan dengan pengobatan maupun perawatan yang tepat dan konsisten.
Demikianlah informasi seputar kanker yang dapat Anda ketahui, mulai dari obat kanker prostat, ciri-ciri kanker prostat, penyebab kanker prostat, pencegahan kanker prostat, pemeriksaan kanker prostat, stadium kanker prostat, hingga pengobatan kanker prostat.

Sumber: www.deherba(dot)com


No comments:

Post a Comment